Jumat, 22 Juli 2016

Kegunaan dan fungsi komputer

Kegunaan dan fungsi komputer.

Di jaman teknologi (modern) sekarang ini,kebutuhan komputer sangatlah membantu kehidupan sehari-hari.

Alasan yang umum diutarakan kebanyakan orang tentang Kegunaan dan fungsi Komputer yaitu :
1.
Membantu dalam berkomunikasi.
2. 
Pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah.

3. Sebagai alat menghibur diri.
 
Jika seseorang tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer dalam suatu bidang pekerjaan tentu akan mengalami banyak kesulitan dikarenakan komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan meskipun pada umumnya, komputer kini digunakan hanya sebagai alat komunikasi, alat hiburan dan mempermudah pekerjaan padahal sejatinya fungsi komputer bukan hanya terbatas di 3 hal itu saja karena penggunaan komputer saat ini digunakan tidak cuma untuk bekerja dan untuk hiburan saja tetapi Sebenarnya Kegunaan dan fugsi Komputer lebih dari sekedar 3 hal tersebut. Bahkan dengan penggunaan komputer saja dapat dijadikan USAHA, contohnya adalah Bisnis Online,
dan juga berperan di bidang pendidikan seperti sekolah dan kuliah karena terdapat media internet untuk sebagai pendukung penambah wawasan sehingga pelajar mendapatkan input materi tambahan dari yang mereka dapatkan di sekolah.


mari kita bahas kegunaan dan fungsi komputer.

1. membantu sarana komunikasi.
 Dahulu hanya fasilitas telepon yang dapat dijadikan alat komunikasi kepada orang yang jauh, dan itupun kita hanya bisa mendengar suaranya saja. Tidak lebih.
Berbeda dengan zaman serba modern ini, dengan penggunaan komputer dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dan dapat melihat wajah secara langsung sambil berbicara. Bahkan kita bisa saling kirim file, gambar dan video.



2. Sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan.
Jauh sebelum terciptanya komputer dengan keyboardnya, orang mengetik surat menggunakan mesin tik dan apabila terdapat kesalahan maka kertas yang digunakan untuk mengetik akan dibuang, tidak bisa digunakan kembali sementara dengan menggunakan komputer, kesalahan-kesalahan kecil dapat kita hapus dan ketik ulang sehingga bisa di edit hingga beberapa kalipun tanpa terlihat bekas kesalahannya.

3. membantu sarana pendidikan.
Proses cara belajar, mengajar zaman sekarang dengan proses cara belajar, mengajar zaman dulu sudah sangat jauh berbeda.Dulu pada umumnya siswa/i hanya bisa belajar dari sekolah / pendidikan formal lainnya. dan saat Sekarang, di zaman modern ini, kita bisa menggali segudang informasi dari internet tentang segala pengetahuan yang ada di internet . Mahasiswa mencari tugas kuliah umumnya pada internet.

4. sebagai media/alat hiburan. 
Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada televisi, tape dan radio maka kini komputer dapat menggantikan seluruh fungsi alat-alat tadi secara keseluruhan hanya dengan satu perangkat saja. Bukan hanya itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi permainan yang ada. Fasilitas yang komputer berikan pada kita antara lain:
  • Memutar lagu melalui music player, CDVD bahkan melalui internet
  • Menonton film lewat fitur media player, CDVD atau streaming video melalui internet
  • Bermain game menggunakan aplikasi atau lewat internet
  • Berkomunikasi dengan teman melalui fasilitas social media di internet atau aplikasi chatting
  • Menonton TV menggunakan TV Receiver untuk komputer atau Online Channel di internet
5. menjadi sarana informasi.
Berbagai informasi yang sifatnya umum dapat kita temukan juga disini seperti:
  • Informasi kesehatan berupa tips medis, tempat pengobatan
  • Informasi produk untuk mencari tahu lebih jelas tentang produk yang kita inginkan
  • Informasi perjalanan seperti tips travelling, informasi tiket, tempat wisata
  • Informasi pekerjaan bagi yang sedang mencari lowongan kerja, peluang usaha atau cara-cara menyelesaikan suatu pekerjaan
  • Informasi hiburan misalnya download game, film, mencari tempat hiburan
  • Informasi cuaca berupa keadaan cuaca di suatu tempat
  • Informasi politik untuk mengetahui kejadian yang berhubungan dengan situasi Negara dan pemerintahan.
6. membuka sarana usaha.
Metode usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer salah satunya. Komputer dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software (perangkat lunak), pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi sarana usaha lainnya.


Itulah beberapa kegunaan dan fungsi komputer yang dapat kita nikmati. Tapi bukan berarti komputer merupakan media tak bercacat cela. Selain fungsi-fungsi positif di atas, terdapat banyak sisi negative yang ditimbulkan oleh komputer dan kebanyakan dari sisi negative ini dihasilkan oleh penggunanya. Hal-hal negative berpotensi dihasilkan antara lain:
Akibat fasilitas hiburannya, banyak orang yang meninggalkan aktifitas wajib mereka seperti bekerja, belajar dan lain-lainnya
Situs porno diketahui sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi dalam perbuatan-perbuatan amoral
Penipuan dalam bisnis online, scam atau membuat website palsu untuk mendapatkan email serta password orang lain (metode fishing)
Munculnya hacker yang memiliki keahlian untuk mengambil data seseorang seperti login data, kartu kredit hingga merusak situs atau system orang lain.

Di luar baik atau buruknya fungsi komputer, semua itu kembali lagi ke pemakainya apakah hendak menggunakan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan dan melakukan hal-hal positif atau malah sebaliknya. Karena segala sesuatu yang baik apabila digyunakan dengan cara yang salah akan menjadi tidak baik pada akhirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar